Pengenalan PABX

Pengenalan Private Automatic Branch eXchange



PABX (Private Automatic Branch eXchange). Pada dasarnya adalah sebuah sistem telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon internal di kantor.




Sistem PABX terdiri atas banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena sudah terintegrasikannya telepon, mesin penjawab telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor (intercom).

Mudahnya, PABX adalah perangkat yang serupa dengan sistim yang dipunyai oleh PT Telkom, hanya beda di kapasitas. Bila milik PT Telkom memiliki kapasitas yang sangat besar karena harus mengatur dan menyediakan sambungan telepon untuk seluruh Indonesia. Kalau PABX memiliki kapasitas yang terbatas dan digunakan untuk area terbatas pula seperti ruang ruang perkantoran, kamar kamar hotel dan sebagainya.



Cara kerja PABX

Sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station telepon. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan diarahkan melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.



Contoh Kegunaan PABX di Kantor

PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.



PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.



PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.



Sudahkah Kantor Anda Membutuhkan PABX?



Kesimpulannya, PABX saat ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis, terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jika Anda berencana memasang sistem PABX di kantor Anda, pastikan skala kebutuhan Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan telekomunikasi kantor lainnya dengan berkonsultasi dengan kami.

Bila anda membutuhkan brosur brosur type PABX, dapat diunduh disini atau disini atau disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar