Pengenalan Private Automatic Branch eXchange
PABX (Private Automatic Branch eXchange). Pada dasarnya
adalah sebuah sistem telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang
digunakan sebagai sistem telepon internal di kantor.
Sistem PABX terdiri atas banyak sambungan kabel yang
mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah
"branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau
cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat
PABX merupakan teknologi yang canggih karena sudah terintegrasikannya telepon, mesin
penjawab telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat
komunikasi internal karyawan di kantor (intercom).
Mudahnya, PABX adalah perangkat yang serupa dengan sistim yang dipunyai oleh PT Telkom, hanya beda di kapasitas. Bila milik PT Telkom memiliki kapasitas yang sangat besar karena harus mengatur dan menyediakan sambungan telepon untuk seluruh Indonesia. Kalau PABX memiliki kapasitas yang terbatas dan digunakan untuk area terbatas pula seperti ruang ruang perkantoran, kamar kamar hotel dan sebagainya.
Cara kerja PABX
Sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi
sebagai control station telepon. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka
telepon tersebut akan diarahkan melalui control station ini. Karena di dalam
sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor
telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk
tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.
Contoh Kegunaan PABX di Kantor
PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting
otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang
bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang
melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke
berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern bahkan
dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan
telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan
hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui
penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu
fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis.
Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima
telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference
call menggunakan PABX.
Sudahkah Kantor Anda Membutuhkan PABX?
Kesimpulannya, PABX saat ini sangat dibutuhkan untuk
kebutuhan bisnis, terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jika Anda berencana
memasang sistem PABX di kantor Anda, pastikan skala kebutuhan Anda terlebih
dahulu. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan
telekomunikasi kantor lainnya dengan berkonsultasi dengan kami.
Bila anda membutuhkan brosur brosur type PABX, dapat diunduh disini atau disini atau disini
Bila anda membutuhkan brosur brosur type PABX, dapat diunduh disini atau disini atau disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar